Masa Kehamilan dan Masa Kelahiran Hamster

.
A. Masa-masa Kehamilan
 
  • Hamster Syria.
Setelah hamster jantan membuahi betina, proses kehamilan mulai berlangsung. Setelah sel telur dibuahi, pada hari kelima terbentuk embrio atau bakal janin dan pada hari ke-6-8 embrio akan menempel di uterus. Embrio ini akan membentuk fetus yang akan menerima makanan dari plasenta. Hamster syria betina akan melahirkan pada hari ke 16 setelah dibuahi.

Jarang terjadi kelahiran yang terlambat, yaitu hari ke17-18. Jika setelah hari ke-18 belum juga melahirkan, barangkali terjadi kehamilan semu atau terjadi kesulitan da1am melahirkan. Kesulitan dalam melahirkan dapat terjadi pada hamster syria yang baru pertama kali melahirkan saat berumur enam bulan. Kadang-kadang ada sesuatu yang membuat seekor induk hamster menunda kehamilan.Penundaan kehamilan ini akibat proses pelekatan embrio ke dinding uterus dan penundaan embrio untuk membentuk fetus. Dalam keadaan normal, embrio hanya membutuhkan waktu 6-8 hari setelah proses pembuahan oleh hamster jantan untuk menempel di dinding uterus, sedangkan bila keadaan tidak cukup sesuai akan terjadi penundaan sampai lebih dari delapan hari. Kedua peristiwa penundaan kehamilan ini bisa terjadi jika hamster dalam keadaan kurang sehat dan mengalami malnutrisi atau suhu ruangan tidak sesuai dengan kebutuhannya. Penundaan kehamilan ini bisa terjadi pada semua jenis hamster.
  • Hamster Mini Winter White
    Tanda-tanda- kehamilan hamster winter white sama dengan ~amster campbell dengan mas a kehamilan berlangsung 18-21 hari. Perilakunya pun tidak jauh berbeda dengan hamster lainnya.
  • Hamster Mini Roborovski
Perilaku hamster mini roborovski selama hamillebih kurang sama dengan hamster-hamster jenis lainnya.Perbedaannya hanya terletak pada masa kehamilannya yang lebih panjang, yakni 23-30 hari. Tanda-tanda kehamilan seekor hamster sebagai berikut:
  1. Konsumsi pakan bertambah banyak dan berlangsung secara tiba-tiba.
  2. Peningkatan berat badan, tubuh menjadi lebih gemuk, dan perut membulat seperti buah pir.
  3. Terlihat galak terhadap pasangannya atau terhadap hamster lain yang mendekat.
  4. Membangun sarang dengan mengorek dan menimbun bahan sarang di sekitarnya. Sarang yang baik akan menghangatkan tubuh bayi hamster, sehingga dapat memperkecil kematian bayi hamster.
  5. Ujung puting susu menonjol, terutama mendekati masa kelahiran.

 
B. Perlakuan terhadap Hamster Hamil.
 
Perlakuan terhadap hamster yang hamil berbeda dengan perlakuaan terhadap hamster yang tidak hamil. Beberapa hal yang hams dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan sebagai berikut.
    1. Hamster yang sedang hamil hams diletakkan ke tempat yang telah disediakan agar calon induk dapat membangun sarangnya dan menunggu kelahiran bayinya dengan tenang tanpa gangguan.
    2. Memisahkan betina hamster yang hamil dari jantannya agar hamster jantan tidak membuahinya lagi. Jika hamster jantan tetap membuahi akan terjadi kehamilan bersambung, yakni betina akan hamil lagi, tidak lama setelah melahirkan. Hamster betina yang mengalami hal seperti ini sering mengalami kematian karena gagal melahirkan anaknya atau mati dalam keadaan hamil akibat jarak kehamilan yang terlalu dekat dan kondisi fisik yang belum sempat pulih.
    3. Memberikan asupan gizi yang eukup dengan menambahkan bubuk susu atau putih telur yang direbus ke dalam menu pakannya. Putih telur banyak mengandung protein dan sangat baik bagi kesehatan ealon induk hamster dan bayinya.
    4. Memberikan sedikit irisanbuah apel yang dapat ditambahkan bubuk susu setiap hari.
    5. Mengganti alas tidur dengan'ketebalan yang eukup pada .hari ke-14.
    6. Memindahkan atau mengeluarkan semua mainan dari dalam kandang dan menempatkan kandang di temp at yang tenang.
    7. Hamster betina boleh dijodohkan kembali setelah beristirahat selama 1-1,5 bulanl setelah anak-anak yang dilahirkan disapihnya.

 
C. Kelahiran
 

  • Hamster Syria 
Induk hamster Syria bisa melahirkan pada pagi, siang, sorel atau malam hari. Dengan kata lain hamster Syria tidak memilih waktu melahirkan. Sebelum melahirkan hamster syria akan menekan otot perutnya 2-3 kali dan mendekatkan tubuhnya ke dasar alas kandang. Tidak lama kemudian bayinya akan lahir satu per satu dengan jarak sekitar 10 menit dari induk akan memakan setiap plasenta yang keluar. Plasenta ini bentuknya seperti gumpalan kecil berwama merah.
Setelah proses kelahiran induk hamster syria akan meletakkan anak-anaknya di tengah sarangnya. Bayi hamster berukuran kecil dengan berat sekitar 3 gram per ekor. Jika bayi hamster tersebut keturunan"hamster bermata hitaml akan terlihat samar wama hitam di kelopak matanya yang masih tertutup. Jika berasal dari keturunan hamster bermata merah, wama mata pada kelopak mata yang masih tertutup tidak akan terlihat karena bola mata berwarna merah akan tersamar dengan warna kelopak mata. Bayi hamster lahir dalam keadaan sudah bergigi.
lnduk hamster yang baru melahirkan dan sedang menyusui tidak boleh diganggu apalagi bayinya disentuh dengan tangan. Jika dilakukan, induk hamster tidak mau lagi mau menyusui bayinya, bahkan bisa memakan habis anak anak yang baru dilahirkannya. Hal ini disebabkan adanya aroma lain yang menempel di tubuh anak hamster yang tersentuh tangan. Bau tersebut asing bagi induk hamster, sehingga induk tersebut menduga bahwa bau tersebut bukan bau anaknya. .
  • Hamster Mini Campbell
Waktu dan proses kelahiran hamster, campbell pada dasarnya sarna dengan hamster syria. Umumnya, setelah, betina melahirkan, jantan (pasangannya) membantu mengasuh anaknya. Bahkan, hamster yang lain pun turut membatu menjaga bayi hamster itu. Kondisr seperti ini dapat terjadi jika induk betina melahirkan di dalam wadah berpenghuni banyak. Jika ada dua ekor atau lebih hamster . betina melahirkan pada waktu yang bersamaan, mereka akan meletakkan bayi-bayi hamster tersebut dalam satu sarang dan induk-induknya menyusui bayi mereka secara bergantian. Namun, penulis tak menggunakan cara ini karena tidak ingin jantan membuahi betina yang sedang merawat anaknya. Setelah anak hamster campbell berumur 4-6 hari, biasanya akan muncul warna di kulitnya. Jika anak hamster tersebut keturunan hamster berwarna gelap, di kulitnya akan muncul warna kehitaman dan jika keturunan warna cerah, warna yang timbul adalah warna-warna yang lembut.
Pada hari ke-6-7 tubuh bayi campbell mulai memperlihatkan warna dan telinganya sudah membuka. Pada hari ke-9-10 tubuh bayi hamster mulai ditumbuhi bulu dan matanya mulai terbuka. Pada saat ini bayi hamster pun mulai merangkak di dalarn kandang dan induk betina akan mengembalikan mereka semua ke dalam sarangnya. Setelah berumur 14-16 hari mata bayi Iuimster terbuka penuh dan tubuhnya telah dilengkapi bulu. Pada saat ini induk betina.mulai menumpuk pakan untuk anak-anaknya.
  • Hamster Mini Winter White
Setelah hamil selarna 18-21 hari, hamster winter white betina melahirkan bayinya. Proses kelahiran ini berlangsung . dengan cepat dan jeda waktu kelahiran bayi hamster yang satu dengan yang lain hanya beberapa saat. Prosesnya sarna dengan kelahiran hamster campbell. Induk winter white secara naluri langsung mengumpulkan anak-anaknya di dalam sebuah cekungan yang telah dibuatnya. Biasanya, cekungan ini terletak di sudut kandang.
  • Hamster Mini Roborovski
Sebelum melahirkan, Roborovski betina akan -mengejankan otot perutnya 2-3 kali, kemudian berdiarn beberapa saat menunggu bayinya lahir. proses ini berlangsung sampai semua bayinya lahir. Setelah semua bayinya lahir, induk aktif mengumpulkannya dalam satu lubang atau cekungan tempat bersarang.
 
  • Hamster Mini Campbell
 
 
Biasanya hamster campbell jantan akan membuahi betina beberapa kali sebelum betina tersebut hamil, meskipun ada juga yang hanya sekali. Masa kehamilan hamster campbell 18-21 hari. Sehari sesudah pembuahan oleh hamster jantan, telur yang dikandung hamster betina akan memasuki tahapkematangan dan empat hari sesudaluWa akan berkembang menjadi embrio.Hari berikutnya, embrio akan menempel di dinding uterus dan berkembang menjadi fetus. Kadang-kadang kehamilan hamster ini tidak terlihat jelas secara fisik, tetapi tampak dari perilakunya yang galak terhadap jantan atau hamster lain yang berada di sekitarnya.

***

27 komentar:

  1. Gan saya punya hamster sepasang, saya enggak tau hamster betinanya hamil pas mau kasi makan tau" sudah Αda anaknya masih merah dan kecil banget. Tp cm 1 ekor, truss buru" deh saya pisahkan yg jantannya, apa​ mungkin hamster lahirin cm 1 ekor anak, atau sudah dimakan dluan sama bapaknya sebelum saya pisahin,
    Setelah sekitar 3mingguan si anak sudah bisa makan sendiri, sudah mandirilah, tp bapaknya enggak saya gabungin lantaran takut ​ntarr dia gigit anaknya.. Pas saya mau ks makan pas diliat ke kandangnya kok Αda anaknya lg masih kecil dan merah Αda 4 ekor anak hamster yg baru lahir, padahalkan betinanya blm diketemuan sama jantanya kok bisa melahirkan lg. bagai mana menurut agan apa‎​kah ini jg namanya kehamilan yg ditunda, truss apakan anak pertamanya harus segera dipisahin lantaran belum genap 2bln, mohaon jawabannya, sebelunya terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu mah sudah di makan sama hamter jantan lebih baik kalo sudah ada tanda pituh susu hamtet betina udah kelihatan lebih baik pisahkan sama hamter jantan

      Hapus
    2. Dipakein pil KB sis kok ditunda kehamilannya?

      Hapus
  2. klarihan berlanjut itu mah sis

    BalasHapus
  3. Gan,sis saya mau tanya,saya punya hamster sepasang setelah 2minggu saya liat perut hamster yg betina keliatan warna PING,setelah saya baca di Gugel itu tanda kl hamster betina hamil,buru2 saya pisahkan dgn yg jantan,tp saya tunggu sampe hampir sebulan setengah ko ga lahir2 ya,perut nya tetep gendut dgn warna PING nya, mohon penjelasannya 🙏terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  4. Dari pertama melihara hamster sampek sekarang yg betina galak banget. Knapa ya?

    BalasHapus
  5. Gan,sis,saya mau tanya ya?,saya punya hamster sepasang,trs saya taro kandang barengan,udah dua minggu ini ko ga hamil2 ya betina nya...?��,apa sperma jantan nya tidak subur?��,tapi si biji produksinya dah besar....,gimana ya sis...?,kasih penjelasan sis

    BalasHapus
    Balasan
    1. dipisah beberapa hari dulu ntar d8 gabungin lagi

      Hapus
  6. Gan,sis,saya mau tanya ya?,saya punya hamster sepasang,trs saya taro kandang barengan,udah dua minggu ini ko ga hamil2 ya betina nya...?��,apa sperma jantan nya tidak subur?��,tapi si biji produksinya dah besar....,gimana ya sis...?,kasih penjelasan sis

    BalasHapus
  7. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www , SmsQQ , com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus
  8. Gan sis mau ny sy py hamster 2 gak thu mn betina mna jantan thu2 ada anaknya bru lhir berjatuhan dibwh kndang ,trs sm anku diabil pki tangan satu persatu dikmblikan ke kandang eh lgsung dibunuh semua ,apa bnr bayi hamster gk bleh dipegang ,induknya jd marah krn sdh bau manusia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyalah selama 14 hari ga boleh dipegang, klo pun dalam keadaan mendesak spt jatuh jauh dari induknya bisa diambil menggunakan sendok

      Hapus
  9. Gan mau tanya, saya punya hamster sepasang dan udah 2x hamil.
    Pas hamil pertama saya pisah sama jantan stelah melahirkan saya gabung lagi. Saat hamil kedua saya pisah lagi pas lahir anaknya udah mati itu kenapa ya? Terus saya gabung lagi sama jantan tapi malah si betina nyerang si jantan trs kenapa ya? Tolong jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin sibetina trauma broo itu kaya hamster aku banget malah punyaku udh 3kali ngelahirin tp pas mau ke4kalinya hamster jantan nya malah di serang² gajelas

      Hapus
  10. Gan,sis,.saya punya hamster sepasang,.udah melahirkan,.trs si anak hamster hamil juga kayak nya ibunya hamil juga..gmn itu caranya agar gak mati,.apa boleh yg hamil itu di jadikan satu kandang tanpa ada yg jantan

    BalasHapus
  11. Apakah bisa hamster hamil tanpa jantan?

    BalasHapus
  12. Gan hamster saya ko cuma ngelahirin 1 anak ya? Pdhl udh dipisah sm jantannya sebelum ngelahirin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bersyukur ajh di perbanyak ntar jga banyak anaknya

      Hapus
  13. mau tanya nii, hamster betinaku udah 2 hari ngeluarin gumpalan darah kecil-kecil terus aku kira dia mau nglahirin tapi masa iya pendarahan sampai 2 hari, terus gumpalan darahnya dimakan lagi sama dia.itu kenapa yaaa.apa dia keguguran ?

    BalasHapus
  14. Gan/sis seminggu yg lalu hamsterku melahirkan, pas mau ganti pakan nya eh ada anaknya baru lahir 1 ekor, langsung saya pisahkan dari si jantan nya. Total ada 9 ekor dia ngelahirin eh pas H+1 aku liat lagi dikandangnya anaknya mati semua. Kira2 ada yg tau faktor apakah anakan hamsterku jadi mati semua? Dan jeda hamster yg akan melahirkan kembali jedanya berapa lama ya? Makasih kalau yg sudah mwnjawab 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin wadah yang sediakan tidak memadai, biasanya harus dengan serbuk kayu yg tebal dan tambahi sobekan tisu kak biar dia bisa bikin sarangnya tempat taro anak nya, dan juga setelah lahir jangan sering ditengok, makanan jg harus dikasih full kalo telat anaknya jadi sasaran. Biasanya sebulan jg kalo disatuin lagi bisa bunting lagi kok. Dulu pertama pengalaman saya jg gitu tp skr alhamdullilah udah banyak bgt anaknya😄

      Hapus
  15. halo kak, aku mau tanya. jd hamsterku tgl 22 desember melahirkan. nah skitar 4 hari lalu, induknha smpet kugabung sama jantannya. trus baru dgabung,si jantan kaya nyerang betina, lgsung aku pisah lg. itu ga sampai 1 menit krn aku tungguin, nah skrg tgl 11 januari, si betina melahirkan lagi. apa mungkin pas kmrn aku kira diserang itu dia dibuahi dgn cepat ya Kak? 😅

    BalasHapus