Jenis-jenis Hamster

.


Sebenarnya ada banyak jenis hamster, tapi cuma ada 4 jenis yang umum dijual di Indonesia, yaitu Campbell, Syrian, Roborovki, dan White Winter. Tapi kami coba bahas semua jenis hamster yang kami ketahui.

Hamster Campbell
Hamster Campbell termasuk jenis hamster mini karena bentuk tubuhnya yang kecil, namun gerakannya tidak terlalu cepat. Hamster Campbell memiliki kepala yang berbentuk segitiga sama sisi karena tulang pipinya melebar ke samping, telinga yang besar dan tinggi, serta jarak antara mata, telinga dan hidung yang seimbang. Hamster jenis ini memiliki variasi warna yang paling banyak hingga sangat menarik.Salah satu keunikan hamster ini adalah bulu-bulu berwarna putih yang tumbuh dari dagu hingga leher dan pada kaki-kakinya. Ketika dewasa, tubuh hamster akan terlihat gepeng.

Hamster Campbell tidak segesit roborovski dan tidak setenang winter white. Pada dasarnya, Campbell bersikap senang hidup berkelompok. Namun, Campbell lebih senang hidup berkelompok dengan sesama jenis (betina saja / jantan saja). Jadi lebih baik jantan dan betina dipisah.

Hamster jenis ini, selain imut, ia sangat mudah beranak dan dapat menghasilkan lebih dari 10 bayi hamster. Sangat cocok untuk yang ingin mengembakbiakan hamster.

Spesifikasi Hamster Campbell :
nama latin: Phodopus campbelli
umur normal: 1-2 tahun
panjang: 10-15 cm umur dewasa
berat: 30-45 g
lama kehamilan: ± 20 hari
masa sapih: 3-4 minggu
jenis campbell: albino, panda, black bear, argente, opal, blue
Hamster Roborovski
Hamster Roborovski merupakan hamster mini terlincah dan senang bersembunyi. Hamster ini sulit ditangkap dan dijinakkan dan tidak direkomendasikan untuk dipelihara bagi anak-anak yang sedang belajar memelihara hewan.


Roborovki bertubuh pendek dengan mata yang menonjol dan bulat mengkilap. Kumisnya yang sangat banyak, rapat dan panjang tumbuh di kepalanya yang besar. Umumnya, Roborovski berbulu cokelat-krem keemasan dengan warna putih disetiap ujung bulunya. Ekornya tidak terlihat jelas karena ditumbuhi bulu dan sangat pendek.


Spesifikasi Hamster Roborovski:
nama latin: Phodopus roborovskii
umur normal: 3-4 tahun
panjang: 4-5 cm
lama kehamilan: 23-30 hari
jumlah anak rata – rata 6 ekor
masa sapih: ± 30 hari
jenis roborovski: normal, white face

* Hamster Syria


Hamster Syria merupakan haiwan yang aktif pada waktu malam seperti hamster yang lain dengan bentuk tubuh paling besar dan suka hidup bersendirian. Panjangnya bisa mencapai 20 cm dan beratnya bisa mencapai 250 gram. Bentuknya yang besar, membutuhkan kandang yang besar dan luas juga. Hamster jenis ini paling cepat gemuk karena porsi makannya yang banyak.


Biasanya yang betina akan lebih peka dibanding jantan, yang biasanya agak malas dan hanya akan keluar untuk membuang air dan makan. Syria jantan akan berbulu panjang dan mempunyai ’skirt’.


Syria sangat mudah dijinakkan dan cocok dipelihara oleh anak-anak juga memiliki beragam warna.


Spesifikasi Hamster Syria:
nama latin: Mesocricetus auratus
umur normal: 2-2,5 tahun
panjang: 15-20 cm
berat: 130-210g

lama kehamilan: ± 20 hari
jenis syria: short hair, long hair

* Hamster Winter White
Hamster ini diberi nama Winter White (WW), karena bulunya akan berubah menjadi putih di musim dingin (winter). Hamster Winter White tergolong hamster mini yang tenang dan jinak serta mudah dipelihara (selain Syria). Winter White memiliki bentuk tubuh yang lebih kecil dari champbell. Pada umumnya, Winter White berwarna abu-abu gelap. Hamster jenis ini sangat mudah dijinakkan dan pintar.


Winter White banyak makan (tapi tidak bisa jadi sebesar Syria) hingga pee dan poop-nya banyak. Sehingga dalam merawatnya, harus sering-sering membersihkan kandang.


Jangan sekali-kali mengkawinkan Winter White dengan Campbell. Karena Winter White sangat sukar melahirkan Campbell yang lebih besar dari tubuhnya.


Spesifikasi Hamster Winter White:
umur: 1-2 tahun
panjang: 7-9 cm
lama kehamilan: ± 15-20 hari
jenis winter white: violet, blue argente, pearl, albino, golden

* Hamster Cina
Hamster jenis ini lebih panjang dari hamster mini (campbell / roborovski / winter white) dengan panjang tubuh bisa mencapai 9-10cm. Cara membedakan hamster betina dengan jantan pun lebih mudah. Hamster jantan lebih panjang dari betina karena kantung zakarnya terlihat memanjang ke belakang. Selain tubuhnya yang panjang, ekornya juga lebih panjang dibanding jenis hamster lainnya. Panjang ekor hamster Cina bisa mencapai 2cm. Biasanya, Hamster Cina berwarna keabuan, dan ketika masih muda, bulunya berwarna lebih terang dibandingkan hamster dewasa. Hamster ini terlihat seperti seekor tikus — katanya.


Hamster jenis ini dikenal sulit dibudidayakan — tidak tahu alasannya — dan tergolong langka.


Spesifikasi Hamster Cina:
nama latin: Cricetulus griseus

umur normal: 2 – 4 thn
panjang: 9-12 cm
berat: 26-38 g

jenis hamster cina: normal,putih,berbintik2
***

3 komentar:

  1. kalo buat pemula bagusnya hamster jenis apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syiria kak. Selain jinak,Syiria sering ada di petshop². Tapi,harganya lumayan mahal Krn bdn yg besar

      Hapus